Jual ic eprom/memory/flash sudah diisi sesuai firmware yang dibutuhkan, Untuk pemesanan silahkan klik foto barang yang diinginkan atau klik logo Tokopedia Bukalapak SHOPEE atau bisa klik logo Whatsap untuk chat dan pemesanan langsung

Cari disini atau klik logo dibawah ini




Wednesday, October 17, 2018

CARA FLASH TV TOSHIBA MENGGUNAKAN FLASHDISK


Pada postingan kali ini saya akan membahas cara flash tv toshiba menggunakan flashdisk dengan file firmware upgrade TV Toshiba  melalui usb port.
Seperti kita ketahui seringkali ditemukan kerusakan TV yang berhubungan dengan kerusakan software, penyebabnya bermacam-macam diantaranya karena sering mati listrik mendadak, ada yang bilang karena terdapat frekwensi yang berdekatan dengan frekwensi clock dari tv tersebut dll. Saya tidak akan membahas nya lebih jauh karena belum memiliki data yang pasti.

Contoh beberapa kerusakan yang biasa terjadi pada tv toshiba dengan gejala-gejala sebagai berikut :

  • Gambar TV terbalik pada saat ganti panel lcd dengan panel lain merk
  • Gambar klise
  • TV tidak bisa simpan saluran
  • Suara normal tapi gambar blank
  • TV lemot dll  
Untuk mengatasi gejala kerusakan tersebut alangkah baiknya dicoba untuk meng upgrade atau flash terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk trouble shooting ke bagian hardware atau komponen elektronik lainnya, yaitu dengan menggunakan flashdisk melalui USB port yang tersedia di TV.

Untuk langkahnya berikut saya uraikan dibawah ini :
1. Siapkan flashdisk kosong atau format dulu flashdisk nya. (Disarankan jangan pakai flashdisk KW atau abal-abal)
2. Ekstrak file upgrade nya sesuai seri/tipe TV yang anda butuhkan, (contoh Toshiba 32P2400 seperti gambar dibawah ini)

Klik ekstrak here/disini
Kemudian klik 2kali folder hasil ekstrak tadi tau klik open seperti gambar diatas.
3. Setelah terbuka folder tersebut maka terlihat beberapa file yang dibutuhkan untuk proses upgrade ini (lihat gambar diatas). Kemudian pindahkan semua file hasil dari ekstrak tadi kedalam flashdisk, ingat jangan didalam folder (jika semua file tersebut masih didalam folder keluarkan semua file tersebut dari folder nya, kemudian copy atau salin ke dalam flashdisk yang akan digunakan)
4. Cabut kabel listrik TV nya, kemudian masukan flashdisknya ke port usb yang ada di TV
5. Tekan dan tahan tombol power TV nya (jangan dilepaskan) sambil masukan kabel TV nya ke listrik 
6. Lepaskan tombol power setelah lampu indikator di TV berwarna orange

7. Biarkan proses upgrade sampai selesai, jangan diganggu atau dimatikan pada saat proses ini. Terlihat lampu di flashdisk berkedip-kedip (apabila flashdisk ada lampunya)
8. Lampu indikator berubah menjadi warna hijau jika proses upgrade telah selesai
9. Kemudian cabut kabel listrik dan flashdisk nya dari TV, nyalakan kembali TV nya
10. Amati lampu indikator TV pada saat ON akan berwarna merah kemudian berubah menjadi warna hijau apabila TV telah normal
11. Ulangi kembali apabila masih belum berhasil, dan lebih teliti dalam memilih file yang sesuai dengan seri TV yang akan diperbaiki, terutama merk panel lcd yang dipakai harus sesuai dengan file firmware nya sekalipun seri/tipe TV nya sama.
12. Coba dilihat dulu merk panel LCD nya bisa dilihat dibagian pcb t-con yang menempel pada LCD (contoh: CHIMEI INNOLUX, LG, SAMSUNG).

Cara mengetahui merk LCD:

Buka dulu kesing TV nya, lihat merk dan kode LCD yang tertera di board atau PCB t-con yang menempel di LCD tersebut (contoh : merk AUO T320XVN02.5). 




Jika tidak tertera merknya, silahkan cari seri atau kode yang tertera di tcon (seperti foto diatas), kemudian tuliskan dan cari  kode tersebut di Google untuk ditemukan datasheetnya sehingga merk LCD tersebut bisa diketahui.

Ini adalah foto proses upgrade Smart TV Toshiba 39L4300VJ



"Catatan : Saya tidak bertanggung jawab apabila terjadi kegagalan upgrade ataupun TV menjadi mati dan mohon ditanggung sendiri resikonya, hati-hati dan lebih teliti dalam memilih file yang sesuai. Diusahakan jangan sampai mati listrik atau mematikan TV pada saat proses upgrade"


Dibawah ini adalah video proses upgrade Smart TV Toshiba 39L4300VJ




Foto dan video diatas adalah tampilan pada saat proses upgrade untuk seri TV Android atau Smart TV, karena tiap-tiap seri tv memiliki tampilan yang berbeda pada saat proses upgrade/flashing, maka untuk TV selain seri diatas (contoh 32P2400VJ) patokannya adalah lampu display, dari warna merah-orange-hijau-selesai.

Silahkan download file nya di link dibawah ini.

FIRMWARE UPGRADE TV TOSHIBA  ⇚ klik disini


Jika mengalami kesulitan untuk mendownload file nya, silahkan diikuti caranya klik disini atau klik cara download.

Bagi rekan-rekan yang memerlukan KUMPULAN FIRMWARE TV LCD LED tanpa repot mendownload telah saya sediakan dalam bentuk kaset dvd berisi :
  • KUMPULAN FIRMWARE TV LCD LED seadanya total 4gb
  • VIDEO TUTORIAL CH341 / CARA INSTAL DRIVER DAN SOFTWARE CH341
  • DRIVER DAN SOFTWARE CH341
Klik foto dibawah ini↓↓↓↓↓↓↓

https://www.bukalapak.com

Pastikan firmware nya sesuai dengan seri TV dan merk panel lcd yang dipakai.

Demikian lah tutorialnya semoga bermanfaat dan membantu. Mohon maaf atas kekurangan dalam tulisan dan penjelasannya.

Terimakasih atas rekan-rekan yang telah membagikan file nya terutama kepada Tatang abdul kholik, Aep Ciamis juga terimakasih kepada rekan-rekan yang telah mendonasikan pulsa nya semoga diberkahi dan dilancarkan usahanya sukses selalu.


Semoga artikel ini bermanfaat untuk semua. Silahkan tulisan kan saran komentar ataupun kritik di kolom komentar, tak lupa untuk share halaman ini. Wasalam.


Terimakasih atas kunjungannya di halaman blog ini, Untuk pemesanan silahkan klik foto barang yang diinginkan atau klik logo Tokopedia Bukalapak SHOPEE atau bisa klik logo Whatsap untuk chat dan pemesanan langsung