Jual ic eprom/memory/flash sudah diisi sesuai firmware yang dibutuhkan, Untuk pemesanan silahkan klik foto barang yang diinginkan atau klik logo Tokopedia Bukalapak SHOPEE atau bisa klik logo Whatsap untuk chat dan pemesanan langsung

Cari disini atau klik logo dibawah ini




Tuesday, January 19, 2016

TV LED SHARP LC 24LE175I MATI KEDIP2 LAMPU INDIKATOR



TV SHARP LE24LC175I MATI CUMAN KEDIP LAMPU INDIKATOR

Berikut langkah-langkah perbaikan yang biasa saya lakukan :

Sebelum kita mencurigai adanya kerusakan pada bagian hardware, ada baik nya untuk langkah aman supaya terhindar dari resiko kesalahan perbaikan bagian hardware dari mainboard tersebut, kita lakukan perbaikan bagian software dahulu.

Kita pastikan bahwa softwarenya tidak korup tentunya setelah melakukan pengukurun bagian tegangan catu yang dibutuhkan untuk mainboard agar bisa berfungsi diantaranya: Vcore 1,2volt LDO 1,8volt dan 3,3volt.

Apabila tegangan yang dibutuhkan terukur normal dan suhu ic terasa dingin, itu menandakan bahwa sistem tidak berjalan dalam hal ini softwarenya kemungkinan rusak ataupun korup datanya.

Maka langkah perbaikan selanjutnya adalah dengan melakukan program ulang kembali ic epromnya / flash dulu dengan  menggunakan Eprom Programer atau alat flashing eprom yang agan punya dan untuk file firmware nya silahkan agan download dari link dibawah ini...

Firmware LED SHARP LE24LC175I  atau di halaman KUMPULAN FIRMWARE TV LCD LED
atau download disini

Bagi agan yang belum mempunyai alat flash / alat copy epromnya silahkan order langsung ke nomer HP yang telah saya sediakan dibawah ini...



ch341=soket 150&200 mili TOKOPEDIA


atau bisa pesan dari link tokopedia dibawah ini,,,klik aja:
EPROM PROGRAMER CH341 TOKOPEDIA

Untuk Driver dan Software CH341 silahkan download disini

Video tutorial CH341 saya sertakan di penjualan alat copy eprom ch341 EPROM PROGRAMER CH341 TOKOPEDIA
Atau bisa kunjungi dihalaman TUTORIAL CH341 ⇚ klik disini

Ekstrak file nya, simpan di drive atau folder mana yang anda sukai, copot ic flash/eprom nya dari mainboard, pasangkan ke CH341 Prograammer, lalu colokin ke usb di laptop, kemudian ikuti langkah2nya sebagai berikut:
  • Detect : untuk memastikan apakah ic sudah terkoneksi dan terdeteksi baik merk maupun kapasitas nya (contoh Winbond 25Q32 / kapasitas 4mb).
  • Erase  : untuk menghapus data firmware yang ada di ic eprom/ ic flash.
  • Blank : untuk memastikan kosong atau tidak nya data yang ada di ic eprom/ ic flash. 
  • Read : untuk membaca data firmware yang ada di ic eprom/ ic flash, untuk selanjutnya bisa disimpan ke laptop atupun komputer.
  • Open : untuk membuka / memilih data firmware yang akan digunakan untuk ngeflash / program / copy ke ic eprom.
  • Program : untuk memprogram / menulis / ngeflash data firmware ke ic eprom /ic flash
  • Verivy : untuk membandingkan dan memastikan isi data firmware yang ada didalam ic eprom sesuai dengan data firmware yang diisikan / di copykan.
Berikut video tutorial cara flash menggunakan ch341 programmer :





Setelah proses flashing eprom selesai, pasangkan kembali ic epromya ke mainboard dan tak lupa periksa kembali solderan nya agar rapi, coba hidupkan kembali TV nya dan amati lampu indikatornya apakah seperti keadaan semula (lampu indikator akan berubah dari warna merah ke warna hijau jika TV sudah normal).


Apabila TV masih belum bisa menyala juga setelah proses flashing,  maka kemungkinan kerusakan ada pada bagian hardwarenya,,,biasanya ic RTD 2634 rusak atau juga ada gangguan kerusakan di PCB t-connya.  Silahkan lakukan penelusuran dan pengukuran untuk lebih lanjut kebagian yang dicurigai sebelum melakukan penggantian mainboard untuk lebih meyakinkan dugaan kerusakan.

catatan : apabila lampu indikator menyala dengan warna hijau yang berkedip-kedip, itu menandakan bahwa kerusakan ada pada bagian hardware nya dalam hal ini mainboard nya yang rusak

Demikianlah artikel yang bisa saya bagikan berdasarkan pengalaman yang saya alami, semoga membantu rekan-rekan semua.
Semoga berhasil dan sukses selalu, mohon maaf bila penulisannya kurang jelas dan bertele-tele juga acak-acakan,,,mohon dimaklum baru pertama kali belajar bikin postingan atanapi blog2an...wassalam.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya di halaman blog ini, Untuk pemesanan silahkan klik foto barang yang diinginkan atau klik logo Tokopedia Bukalapak SHOPEE atau bisa klik logo Whatsap untuk chat dan pemesanan langsung